Wednesday 16 May 2018

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Hidrolik

Bertahun-tahun lalu manusia telah menemukan kekuatan dari perpindahan air, meskipun mereka tidak mengetahui hal tersebut merupakan prinsip hidrolik. Sejak pertama digunakan prinsip ini, mereka terus menerus mengaplikasikan prinsip ini untuk banyak hal untuk kemajuan dan kemudahan umat manusia. 

Hidrolik adalah ilmu pergerakan fluida, tidak terbatas hanya pada fluida air. Jarang dalam keseharian kita tidak menggunakan prinsip hidrolik, tiap kali kita minum air, tiap kali kita menginjak rem kita mengaplikasikan prinsip hidrolik.

Keuntungan Sistem Hidrolik
Sistem hidrolik banyak memiliki keuntungan. Sebagai sumber kekuatan untuk banyak variasi pengoperasian. Keuntungan sistem hidrolik antara lain:
  • Ringan 
  • Mudah dalam pemasangan 
  • Sedikit perawatan 
  • Sistem hidrolik hampir 100 % efisien, bukan berarti mengabaikan terjadinya gesekan fluida. 
  • Tenaga yang dihasilkan sistem hidrolik besar sehingga banyak diaplikasikan pada alat berat seperti crane, kerek hidrolik dll. 
  • Oli juga bersifat sebagai pelumas sehingga tingkat kebocoran lebih jarang dibandingkan dengan sistem pneumatik. 
  • Tidak berisik. 
Keuntungan Mekanik
Dapat kita lihat ilustrasi dari keuntungan mekanik, ketika gaya 50 lbs dihasilkan oleh piston dengan luas permukaan 2 in2, tekanan fluida dapat menjadi 25 psi . dengan tekanan 25 psi pada luas permukaan 10 in2 dapat dihasilkan gaya sebesar 250 lbs.

KEKURANGAN SISTEM HIDROLIK

Sistem hidrolik umumnya kurang mengalami kerusakan dibandingkan sistem lainnya karena tidak memiliki bagian-bagian yang saling bergesekan. Namun, sistem hidrolik juga memiliki beberapa kelemahan.

Biaya
Sistem hidrolik lebih kompleks dan mahal daripada sistem yang dioperasikan oleh udara yang dikenal sebagai “sistem pneumatik.” Sistem ini beroperasi pada tekanan rendah dan oleh karena itu memerlukan bahan yang lebih murah, menurut Hydraulics Pneumatics. Namun, sistem pneumatik lebih mahal untuk dioperasikan karena udara membutuhkan lebih banyak daya untuk kompresi. Sistem pneumatik juga berjalan lebih tenang daripada sistem hidrolik.

Masalah minyak
Karena banyak cairan hidrolik berbasis minyak, sistem hidrolik dapat menimbulkan bahaya kebakaran saat bocor, menurut Scribd. Kebocoran ini juga dapat menimbulkan bahaya keselamatan karena sistem hidrolik berada di bawah tekanan tinggi, dan cairan dapat ditembak dengan kecepatan tinggi, yang berpotensi membahayakan orang-orang di sekitar kebocoran.
Filter
Anda harus menyaring minyak dalam sistem hidrolik secara teratur untuk memastikan bahwa cairan hidrolik tidak mengandung pecahan partikel, dan juga untuk menghilangkan kantong udara yang dapat merusak, menurut Scribd.

Kebocoran
Sistem hidrolik yang tidak memiliki cairan hidrolik yang diperlukan tidak akan berfungsi, yang menjadi masalah saat terjadi kebocoran. Anda harus memperbaiki kebocoran sehingga cairan hidrolik bisa terus menghasilkan aliran; Jika tidak, sistem hidrolik akan mulai melambat. Untungnya, area yang memiliki kebocoran juga akan memiliki suhu internal yang lebih panas, menurut Insider Secrets to Hydraulics. Fenomena ini bisa terbukti bermanfaat, karena suhu ini bisa membantu operator sistem hidrolik menemukan kebocoran. Cegah kebocoran dengan menggunakan prosedur pemasangan pipa yang benar dan bahan yang benar, dan dengan melakukan perawatan pencegahan secara rutin.

Aerasi
Sistem hidrolik bisa menghasilkan suara yang keras, yang berawal dari udara yang masuk cairan hidrolik. Suara ini berasal dari cairan hidrolik yang terkompres dan mengalami dekompresi, menurut Machinery Lubrication. Dinamika ini juga dapat menyebabkan pembusaan, gerakan aktuator tidak menentu, penurunan cairan hidrolik dan kerusakan pada bagian dalam sistem hidrolik.

Sumber:
http://hisham.id/2017/10/kekurangan-sistem-hidrolik.html
https://samoeji.blogspot.co.id/2013/04/makalah-sistem-hidrolik.html

Artikel Terkait

This Is The Newest Post

Dimohon berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung tentang hal SARA dan juga sesuai dengan topik yang di bahas
EmoticonEmoticon