Thursday 16 February 2017

7 Cara Jitu Mempercepat Kecepatan Internet

7 Cara Jitu Mempercepat Kecepatan Internet
Percepat Internet
Kang Damai - Internet berkembang begitu pesat hingga saat ini. Namun masih saja banyak keluhan tentang koneksi yang tidak stabil bakhkan lemot dan lola. Lalu gimana sih cara mempercepat koneksi internet? Nah sobat nggak perlu takut atau bahkan galau karena kita akan bahas satu persatu cara mempercepat koneksi internet. Kecepatan internet tergantung terhadap berbagai hal. Termasuk jenis paketan yang anda gunakan. Dan juga kecepatan koneksi internet tergantung seberapa banyak orang yang menggunkan jaringan internet. Lantas hal mana yang akan kita untuk mempercepat koneksi internet. Kita akan mempercepat koneksi internet dengan mengatur settingan pada hardware dan OS PC kita. Karena terdapat berbagai settingan yang akan mempengaruhi kecepatan internet yang kita pakai.

  • Pemilihan Browser
    Pemilihan browser sangatlah penting karena browser akan berpengaruh pada saat file yang diunduh. Sebagai contoh apabila browser memiliki fitur compress kepada setiap file yang akan ditampilkan makan akan semakin cepat pula data yang kita terima. Nah untuk browser sih saya merekomendasikan Mozila firedox atau google chrome karena mereka tidak terlalu banyak iklan dan juga ringan. Jangan terlalu banyak add-on atau extention tambahan yang tidak berguna karena itu akan menambah beban prosesor san juga pasti memperlambat browser kita. Kemudian bagi anda yang menggunakan extention anonymox saya sarankan untuk mematikannya karena kadang malah memperlambat koneksi kita. Walaupun dengan fitur yang diberika kita bisa menjelajah dengan leluasa. Namun saat tidak diperlukan ada kalanya kita matikan.
  • Meminimalkan Multitab
    Jangan membuka multitab berlebihan pada browser yang anda gunakan karena ini akan mempengaruhi kecepatan PC untuk memproses data yang di terim dari internet. Untuk saya pribadi biasanya saya hanya membuka 5-6 multitab pada browser. Tutuplah program yang sekiranya tida anda gunakan.
  • Setting Bandwith
    Tentukan batas maksimal bandwith karena pada operation windoqs user hanya diberi akses koneksi internet 80% dari yang kita punyai karena yang 20% sisnya di gunakan QoS trafdic seperti Windows Update VoIp dll. Dengan cara ini kita dapat mempercepat koneksi internet sebesar 20% karena kita menggunakan 100% dari koneksi internet kita.

    Berikut cara setting bandwith untuk menambahkan keceptan koneksi internet.
    1. Klik Start -> Run -> ketik gpedit.msc – Pilih Local Computer Policy -> Computer Configuration -> Administrative Templates -> Network -> QoS Packet Scheduler – Double klik Limit Reservable Bandwidth
    2. Pilih menu Enable kemudian isi bandwidth limit dengan nilai 0.
    3. Klik apply dan restart komputer anda.
  • Mengganti DNS Bawaan
    Cara mempercepat koneksi internet dengan setting DNS. Sobat silahkan gunakan openDNS atau pun dengan DNS google namun saya sarankan sobat menggunakan Open DNS karena memiliki kecepatan lebih tinggi dibanding DNS google.
    Berikut merupakan cara mengganti DNS pada komputer.
    1. Klik Start -> Control Panel -> Network and Internet -> Network and Sharing
        Center -> Local Area Connection -> Properties
    2. Pilin Internet Protocol Version 4 -> properties
    3. Ubah DNS menjadi berikut ini
        Preferred DNS Server: 208.67.222.222
        Alternate DNS Server: 208.67.220.220
    4. Klik OK.

    Apa bila sobat ingin menggunakan DNS google sobat tinggal mengganti susunan DNS diatas dengan DNS dibawah iniPreferred DNS Server: 8.8.8.8
    Alternate DNS Server: 8.8.4.4
  • Aktifkan DNS Cache.
    Gunakan DNS cache. Dengan mengaktifkan DNS cache maka setiap website yang telah kita kunjungi sytem akan menyimpan data cache pada situs tersebut sehingga apabila kita buka kita tidak perlu lago mendownload cache dari website itu lagi. Sehingga hal tersebut akan berpengaruh pada kecepatan internet kita.
    Berikut cara mengaktifkan DNS cache:
    1. Copy kode berikut ini di notepad dan simpan dengan nama: dnscache.reg

    REGEDIT4
    [HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\Dnscache\Parameters]
    “CacheHashTableBucketSize”=dword:00000001
    “CacheHashTableSize”=dword:00000180
    “MaxCacheEntryTtlLimit”=dword:0000fa00
    “MaxSOACacheEntryTtlLimit”=dword:0000012d

    2.
    Jalankan dnscache.reg tersebut
Nah tadi sekedar info dan ilmu tentang 7 Cara Jitu Mempercepat Kecepatan Internet dari saya semoga bermanfaat dan semoga berhasil.

Artikel Terkait

Dimohon berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak menyinggung tentang hal SARA dan juga sesuai dengan topik yang di bahas
EmoticonEmoticon